alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya, Diantaranya Bagai Puasa Sebulan

Rizki Nurmansyah Rabu, 24 Februari 2021 | 21:23 WIB

Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Keutamaannya, Diantaranya Bagai Puasa Sebulan
Ilustrasi puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah.

SuaraJakarta.id - Puasa Ayyamul Bidh atau puasa tengah bulan merupakan salah satu ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya.

Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah berdasarkan kalender Qomariah. Kecuali di hari tasyrik pada 13 Dzulhijjah.

Lantas tanggal berapakah puasa Ayyamul Bidh pada bulan Februari ini? Berikut jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Februari, asal-usul, niat, dan keutamaannya.

Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

Baca Juga: Niat Puasa Ayammul Bidh dan Keutamaan Puasa Sunnah 25-27 Februari 2021

Seperti dipaparkan di atas, puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut pada setiap pertengahan bulan Hijriah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15.

Itu artinya pada bulan Rajab 1442 Hijriah saat ini, puasa Ayyamul Bidh jatuh pada 13, 14, dan 15 Rajab. Sementara bila diubah ke kalender Masehi, maka puasanya jatuh pada tanggal 25, 26, dan 27 Februari 2021.

Asal-usul Puasa Ayyamul Bidh

Secara harfiah, Ayyamul Bidh memiliki arti hari-hari putih. Karena pada tanggal 13, 14, dan 15, bulan sedang terang-benderang menuju purnama seperti tampak putih.

Ada dua pendapat mengenai asal-usul puasa Ayyamul Bidh.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Februari 2021 dan Keutamaannya

Dikutip SuaraJakarta.id—grup Suara.com—dari laman nu.or.id, Rabu (24/2/2021), berdasarkan keterangan dalam kitab “Umdatul Qari`Syarhu Shahihil Bukhari” dijelaskan bahwa dinamai Ayyamul Bidh terkait kisah Nabi Adam AS saat diturunkan ke dunia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait