Kasus Pembunuhan Brigadir J, Kapolri: Timsus Menetapkan Ferdy Sambo sebagai Tersangka

Ada empat tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J ini, yakni Bharada E, Bripka RR, KM dan Irjen Ferdy Sambo.

Rizki Nurmansyah
Selasa, 09 Agustus 2022 | 19:14 WIB
Kasus Pembunuhan Brigadir J, Kapolri: Timsus Menetapkan Ferdy Sambo sebagai Tersangka
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran memberikan konferensi pers terkait kasus penembakan Brigadir J di rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Gedung rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

SuaraJakarta.id - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka kasus kematian Brigadir J.

Pengumuman Ferdy Sambo jadi tersangka disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tadi pagi dilaksanakan gelar perkara, dan Timsus telah memutuskan untuk menetapkan saudara FS (Ferdy Sambo—red) sebagai tersangka," kata Kapolri dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022) malam.

Kapolri menyampaikan juga bahwa tidak ada peristiwa tembak-menembak seperti yang dilaporkan awal terkait kasus kematian Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo tersebut.

Baca Juga:4 Fakta Usai Ferdy Sambo Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Tewasnya Brigadir J

"Timsus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J, yang mengakibatkan saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh saudara RE atas perintah saudara FS," ucap Kapolri.

Kapolri mengungkapkan, kepolisian juga masih menyelidiki motif penembakan dalam kasus ini.

"Terkait motif, saat ini sedang dilakukan pendalaman. Tim terus bekerja, beberapa saksi lagi bekerja," tutur Kapolri.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menyampaikan perkembangan jumlah tersangka terkait kasus penembakan Brigadir J.

Ada empat tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir J ini, yakni Bharada E, Bripka RR, KM dan Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga:Kapolri: Irjen Pol Ferdy Sambo Tembak Dinding Pakai Senjata Milik Brigadir J Agar Terkesan Terjadi Tembak Menembak

"(Dikenakan) Pasal 340 subsider 338 jo 55 dan 56 KUHP, dan ancaman maksimal hukuman mati, seumur hidup, dan penjara 20 tahun," ujar Andrianto.

News

Terkini

Rizky mengatakan kedua terduga pelaku tidak mengakui telah melakukan penjambretan ponsel saat melintas menggunakan sepeda motor.

News | 21:27 WIB

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di tujuh ruas jalan dan 16 RT, saat ini menjadi enam ruas jalan dan 31 RT di wilayah Jakarta," ujar Isnawa.

News | 21:23 WIB

Pelaku mengaku sering mendapat laporan bahwa anak pertamanya itu sering melakukan pencurian baik di sekitar tempat tinggalnya atau di kampung lain.

News | 21:07 WIB

Camat sudah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan untuk menangani genangan.

News | 20:54 WIB

Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta pada Selasa (4/10/2022) memicu genangan air di sejumlah tempat, seperti di Kebayoran Baru.

News | 20:46 WIB

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengakui pihaknya mengganti kebijakan dalam membuat jalur sepeda permanen di ibu kota.

News | 20:44 WIB

"Situasi terkini di Jalan Tol JORR-S sudah aman untuk dilewati dan genangan telah kembali surut pada pukul 16.40 WIB tanpa mengganggu lalu lintas," kata Untung Joko.

News | 20:25 WIB

"Untuk anggota SDA kurang lebih ada 15 orang yang dikerahkan. Banjir ini disebabkan curah hujan yang cukup lebat," kata Albert.

News | 20:15 WIB

Lebih jauh, Purwoto mengatakan perlu adanya kolaborasi berbagai pihak agar permasalahan banjir di Tol BSD Tangsel tidak terjadi lagi.

News | 20:14 WIB

"Layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112 siap sedia untuk melayani masyarakat yang mengalami keadaan darurat akibat hujan deras," kata Isnawa.

| 20:07 WIB

Sumur resapan di Kelurahan Pinang Ranti yang terbaru selesai dikerjakan di Jalan Jembatan Bandung, RT 13 RW 03, dengan kedalaman 30 meter," kata Euis.

| 20:02 WIB

Tampak rumah yang temboknya jebol itu berada di area yang lebih rendah dibanding rumah lainnya.

News | 19:49 WIB

Koordinasi itu untuk membantu penanganan genangan di wilayahnya masing-masing dengan melakukan penyedotan air dan memastikan tali air berfungsi dengan baik.

News | 19:33 WIB

Walau selamat, Angga juga berduka. Pasalnya, satu temannya turut menjadi korban meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan tersebut.

News | 19:29 WIB

Dari pantauan saat ini terlihat mulai adanya penampakan banjir di Pondok Maharta.

News | 18:58 WIB
Tampilkan lebih banyak