facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Diprediksi Melonjak Dampak Wabah PMK

Rizki Nurmansyah | Fakhri Fuadi Muflih Selasa, 17 Mei 2022 | 15:26 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Diprediksi Melonjak Dampak Wabah PMK
Dokumentasi - Lapak pedagang hewan kurban. Jelang Idul Adha, Harga Sapi Diprediksi Melonjak Dampak Wabah PMK. [Suara.com]

Mentan Syahrul menegaskan bahwa PMK pada hewan ternak ini tidak menular pada manusia, melainkan hanya sesama hewan ternak.

SuaraJakarta.id - Harga sapi diprediksi akan melonjak jelang Hari Raya Idul Adha. Hal ini dampak dari munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di sejumlah kota di Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui adanya ancaman wabah PMK pada hewan ternak di ibu kota. Akibatnya, bisa berdampak pada harga sapi jelang Idul Adha.

Riza memprediksi, lonjakan harga sapi akan terjadi menjelang Hari Raya Idul adha. Seperti yang terjadi tiap tahunnya, di mana permintaan sapi selalu meningkat ketika hari raya kurban tiba.

"Ini akan berdampak pada harga jual sapi khususnya menjelang Idul Adha ya," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Daging Sapi dan Hewan Ternak yang Dipasok ke DKI Jakarta Dipastikan Aman dari PMK

Tak hanya itu, peningkatan harga sapi juga biasanya selalu diikuti dengan melonjaknya permintaan komoditas lain. Harga bahan pangan juga diprediksi akan melonjak.

"Di lebaran qurban ini ada peningkatan kebutuhan umumnya diikuti dengan peningkatan harga sapi. Sekarang ditambah lagi, ada PMK, penyakit mulut dan kuku," jelasnya.

Berdasarkan situasi ini, Riza menyatakan pihaknya akan melakukan tindakan antisipasi.

Dengan demikian, diharapkan kebutuhan hewan ternak masyarakat bisa terpenuhi, harganya terjangkau, dan aman.

"Kami sudah minta kepada BUMD, Dharma Jaya untuk segera melakukan langkah-langkah antisipasi," pungkasnya.

Baca Juga: Kemunculan Penyakit Mulut dan Kuku Jelang Idul Adha Bikin Peternak di Bandung Barat Galau

Wabah PMK di 2 Provinsi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait