facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mau Turunin Polusi di Jakarta, Pemprov Padamkan Listrik Monas dan Bangunan Pemerintahan Akhir Pekan Ini Satu Jam

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih Kamis, 30 Juni 2022 | 16:34 WIB

Mau Turunin Polusi di Jakarta, Pemprov Padamkan Listrik Monas dan Bangunan Pemerintahan Akhir Pekan Ini Satu Jam
Kabut polusi udara menyelimuti gedung-gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (15/6/2022). [Suara.com/Alfian Winanto]

Akhir pekan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan pemadaman di seluruh gedung pemerintahan milik pemprov serta beberapa ikon yang ada di ibu kota.

SuaraJakarta.id - Akhir pekan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan pemadaman di seluruh gedung pemerintahan milik pemprov serta beberapa ikon yang ada di ibu kota.

Laangkah tersebut dilakukan lantaran ingin mengurangi emisi karbon di DKI Jakarta. Pemamadaman listrik sendiri dilakukan sesuai Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021 yang kemudian dituangkan dalam surat edaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

Pemadaman listrik tersebut, rencananya dilakukan selama satu jam atau 60 menit pada Sabtu (2/6/2022).

“Terhitung mulai pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB pada seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” demikian bunyi surat dari Dinas LH DKI Jakarta pada Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Jakarta Jadi Kota Paling Polusi, Kenali Bahaya dan Pencegahannya bagi Kesehatan Tubuh

Selain gedung pemerintah, tercatat ada tujuh simbol Kota Jakarta seperti Monumen Nasional (Monas) dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha serta air mancurnya. Kemudian, Bundaran Hotel lndonesia dan air mancurnya, Patung Pemuda dan air mancurnya, Patung Pahlawan, serta Patung Jenderal Sudirman.

“Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel dan apartemen telah berpartisipasi dalam pelaksanaan pemadaman lampu tersebut,” katanya.

Untuk diketahui, pemadaman listrik yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta bukan kali pertama dilakukan. Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sempat melakukan pemadaman listrik pada 27 Maret 2021, 24 April dan 5 Juni.

Dengan pemadaman listrik tersebut, Pemprov DKI menghemat konsumsi listrik 539,21 MW, serta penghematan materiil Rp707.300.000, dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 371,2 ton C02.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengimbau warga memakai masker, saat berada di luar rumah untuk mengantisipasi polusi udara yang beberapa hari terakhir menunjukkan kualitas tidak sehat.

Baca Juga: Studi: Polusi Udara Bisa Pengaruhi Gangguan Otak dan Kerusakan Saraf

"Kalaupun harus keluar rumah gunakan selalu masker karena kualitas udara di Jakarta sedang kurang bagus," kata Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait